Minggu, 13 Juli 2008

[BeritaNET.com] GSM Versus CDMA

2008-07-14 09:01:39


GSM Versus CDMA

.

Oleh: Heni



Dalam layanan seluler terdapat beberapa teknologi jaringan komunikasi data, seperti Global System for Mobile Communications (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA). GSM Association adalah organisasi internasional yang didirikan tahun 1987, digunakan untuk penyediaan, pengembangan dan penampilan standard wireless dunia. Sedangkan CDMA adalah standard wireless yang didesain oleh Qualcomm di U.S, yang menjadi standard jaringan yang mendominasi Amerika Utara dan negara-negara Asia.

Cakupan jaringan. Hal ini bergantung pada ponsel yang digunakan. Dalam suatu area tertentu, mungkin hanya GSM yang berfungsi, atau CDMA saja yang berfungsi, atau keduanya.

Kecepatan transfer data. CDMA pada umumnya memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada GSM, bukan hanya untuk panggilan telepon, tetapi terutama untuk streaming video, dan email. Keduanya juga mampu mendukung teknologi 3G.

Subscriber Identity Module (SIM) card ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/1480/Handphone-Technology-GSM-CDMA








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: