Kamis, 10 Juli 2008

[BeritaNET.com] WiMAX Versus HSDPA

2008-07-11 08:47:17


WiMAX Versus HSDPA

.

Oleh: Heni



Secara teoritis, range jarak akses WiMAX (Worldwide interoperability for Microwave Access) dapat mencapai 30 km (sama dengan range untuk GSM) dengan kecepatan bandwith 75 Mbit/s. Semakin jauh terminal dari base station, semakin lemah sinyal dari WiMAX. Jadi sinyal dengan rasio 3,5GHz akan jauh lebih cepat daripada GSM. Sementara untuk HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) memiliki kecepatan maksimum 14,4 Mbit/s dalam jarak kurang dari 1 km dari base station. Dalam jarak 6 km, aliran data akan drop ke kecepatan 1 Mbit/s.

HSDPA memiliki beberapa prinsip yakni jika user tidak mendapat bandwith yang lebih tinggi, teknologi HSDPA masih dapat menggunakan layanan transmisi data, namun dengan bandwith yang lebih rendah (pada level WCDMA atau GPRS/EDGE), HSDPA hanya mampu mengirim transmisi data dalam hitungan dosin kilobit per second (Kbps).

Jumlah user. Teknologi HSDPA dapat digunakan untuk banyak user secara bersama-sama, sementara WiMAX paling b
... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/1450/WiMAX-HSDPA-Technology








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: