Minggu, 27 April 2008

[BeritaNET.com] Biaya Koneksi dan Aset Digital (CC 2008)

2008-04-28 09:07:44


Biaya Koneksi dan Aset Digital (CC 2008)

.

Oleh: Sofyan Thayf



Biaya Koneksi dan Aset Digital
Kendati menunjukkan angka penurunan yang cukup menggembirakan, biaya akses internet di Indonesia masih tergolong mahal. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab masih rendahnya tingkat pemanfaatan internet oleh masyarakat Indonesia, dan membuat Indonesia mulai tertinggal oleh negara-negara berkembang lainnya seperti India atau Vietnam.

Mengapa demikian?.
Beban biaya koneksi terbesar sebenarnya adalah pada komponen biaya untuk link internasional. Jika koneksi internet hanya untuk mengakses informasi atau pertukaran data di dalam wilayah Indonesia saja, maka biaya koneksi saat ini sudah relatif murah dengan banyaknya alternatif dari teknologi komunikasi yang tersedia, sebut saja misalnya wireless LAN yang menjamur di mana-mana, GPRS/EDGE/HSDPA yang berkapasitas besar dan semakin terjangkau, termasuk koneksi antar perguruan tinggi di Indonesia saat ini telah dilayani oleh jaringan INHERENT yang berk
... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :
http://www.beritanet.com/879/Biaya-Koneksi-Aset-Digital-CC-2008








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: