Kamis, 13 Maret 2008

[BeritaNET.com] Bom Waktu dari Tempe

2008-03-14 10:32:16


Bom Waktu dari Tempe

.

Oleh: Panuwun Budi Raharjo



Seperti kita tahu, dunia pertempean nasional digoncang dengan melonjaknya harga kedelai di pasar domestik dan pasar internasional. Ketergantungan akan kedelai impor merupakan salah satu penyebab dari kenaikan harga ini. Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris tidak mampu membuktikan bahwa negara ini dapat menghasilkan kedelai sendiri. Setelah tempe dipatenkan oleh Amerika Serikat, ternyata kita pun dibuat tergantung terhadap bahan bakunya yaitu kedelai kepada mereka. Konsentrasi pemerintah pertanian khususnya ke tanaman pangan yang sempat berkurang sejak pemerintah menyatakan bahwa Indonesia bergerak ke arah negara industri juga merupakan salah satu penyebabnya.

Tempe yang merupakan makanan murah dan meriah serta merakyat kini menjadi salah satu makanan yang mewah karena bahan-bahannya berasal dari luar negeri. Dunia agribisnis Indonesia benar-benar mendapat tamparan keras melalui lonjakan harga ini. Banyak produsen tempe menghentikan sementara produksinya karena tinggin ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/793/bom-waktu-tempe








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: