Kamis, 27 Maret 2008

[BeritaNET.com] Fotonik, Pengiriman Data dengan Cahaya

2008-03-28 13:53:12


Fotonik, Pengiriman Data dengan Cahaya

.

Oleh: dwinita



Mungkin kita telah mengenal berbagai macam bentuk pengiriman data, salah satunya dengan penggunaan teknologi serat optik. Serat optik telah lama diandalkan untuk pengiriman data berkecepatan tinggi. Fotonik sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari pengiriman data dalam bentuk bit dengan sarana getaran cahaya mempergunakan serat kaca setipis rambut.

Kurang lebih selama 15 tahun serat optik telah dipergunakan untuk membawa getaran cahaya untuk merepresentasikan suara maupun data dalam kabel telepon yang berjarak jauh. Fotonik akhirnya dapat memungkinkan serat kaca dapat membawa lebih banyak sinyal cahaya.

Teknologi serat optik sebelumnya masih terbatas pada jarak beberapa ouluh mil, kemuadian cahaya diubah dalam bentuk sinyal listrik untuk kemudian diperkuat dan diubah kembali ke dalam bentuk sinyal cahaya. Hal inilah yang menyebabkan transmisi lambat dan mahal.

David Payne pada tahun 1988 mengembangkan sebuah amplifier optik yang mampu memperkuat sinyal cahay ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/826/fotonik-pengiriman-data








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: