Selasa, 25 Maret 2008

[BeritaNET.com] Rumput Laut dan Masa Depan Industri Kertas

2008-03-25 15:48:32


Rumput Laut dan Masa Depan Industri Kertas

.

Oleh: Panuwun Budi Raharjo



Kertas merupakan salah satu kebutuhan pokok dari kehidupan manusia. Bisa dibayangkan apa jadinya dunia tanpa kertas, sekolah terhenti, kantor macet dan banyak industri terhambat karena mereka menggunakan kertas sebagai salah satu bagian packing. Berapa banyak buku yang tak bisa tercetak karena tidak adanya kertas? Industri penerbitan akan berhenti total.

Kebutuhan dunia akan kertas ternyata memiliki sisi lain karena produksi  kertas berdampak buruk terhadap Hutan. Bagaimana bisa? Kertas membutuhkan hutan sebagai sumber bahan baku utamanya yaitu kayu. Bisa dibayangkan berapa banyak kayu yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kertas di negeri ini saja. Sebuah fakta menunjukkan bahwa produksi kertas yang mendukung proses kelahiran manusia-manusia pandai ternyata membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit dari hutan. Dari data produksi tahun 1999,  1 ton pulp memerlukan 4,5 m3 kayu bulat, dan pada tahun tersebut dibutuhkakan 24 juta m3 kayu bulat. Untuk memenuhi kebutu ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/815/Rumput-Laut-Industri-Kertas








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: