Rabu, 11 Juni 2008

[BeritaNET.com] Detektor Tsunami

2008-06-12 08:57:18


Detektor Tsunami

.

Oleh: Heni



Setelah bencana tsunami melanda Indonesia tahun 2007, Indonesia masih berusaha mencari cara untuk memberi peringatan dini datangnya tsunami kepada masyarakat. BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan Amerika Serikat telah saling bekerja sama untuk mencegah terjadinya tsunami yang pernah terjadi di Indonesia. Wujud kerjasama tersebut dibuktikan dengan adanya alat buoy (pelampung) peringatan dini tsunami yang diterjunkan diterjunkan Kapal Baruna Jaya IV ke perairan selatan Bali.

Kepala BPPT, Said Djauharsjah Jenie, mengungkapkan bahwa buoy ini merupakan pengembangan dari sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia. Menurut Said, beliau merasa kecewa dengan buoy tsunami DART (Deep-ocean Assesment and Reporting of Tsunamis) II yang diluncurkan pada September 2007 terpaksa berhenti beroperasi pada bulan Maret 2008 karena adanya aksi vandalisme. Hal ini menyebabkan jumlah tsunameter semakin sedikit.

Cameron R.Hume, Duta Bes ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/1081/bppt-tambah-detektor-tsunami








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: