Sabtu, 07 Juni 2008

[BeritaNET.com] IBM Ciptakan Chip Berisi Air

2008-06-07 15:41:29


IBM Ciptakan Chip Berisi Air

.

Oleh: Heni



Dua tahun lalu, IBM telah memperkenalkan sebuah pemecahan masalah dengan memberikan channel yang berliku-liku ke dalam chip agar arus panas dapat turun ke dekat silicon. Kemudian pada tahun 2007, IBM Zürich telah memotong channel ke dalam cooling unit. Sekarang, IBM memilih menggunakan pompa air untuk memasukkan air diantara susunan processor dan komponen motherboard yang lainnya untuk tetap menjaga agar tetap dingin.

Industri chip mulai terpikat dengan ide susunan 3-D dimana prosesor dan memori berada diantara komponen lain, dan berada di tingkat yang paling atas daripada yang lainnya. Hal ini berguna untuk menambah kecepatan saat pengiriman data diantara banyak komponen, dengan cara membuka lebih banyak path komunikasi. Dengan membuat kabel mengecil sekitar 1/1000th (1/1000 inch dalam desimeter) dari ukuran umumnya, maka chip dapat lebih menghemat komsumsi energi. Tetapi selain itu, chip juga dapat bertahan ketika terjadi perpindahan panas dari processor. Bahk ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/1051/IBM-Ciptakan-Chip-Berisi-Air








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: