Senin, 09 Juni 2008

[BeritaNET.com] Roadrunner, SuperComputer 3MW

2008-06-10 11:25:29


Roadrunner, SuperComputer 3MW

.

Oleh: Heni



Sebuah supercomputer militer dari Amerika, Roadrunner, dibangun dengan komponen asli, didesain untuk mesin video game, dan mampu melakukan penghitungan data lebih dari 1.026x1015 kalkulasi per detik. Harga Roadrunner ini berkisar USD 133 juta dan akan digunakan untuk study senjata nuklir. Mesin computer ini dua kali lebih cepat daripada supercomputer tercepat sebelumnya, I.B.M. BlueGene/L, yang ada di laboratorium LLN (Lawrence Livermore National), California.

SuperComputer Roadrunner ini akan mereferensikan kota New Mexico ini dibangun oleh para engineer dan ilmuwan dari IBM dan laboratorium Los Alamos National, New Mexico. Superkomputer digunakan untuk  menyelesaikan permasalahan militer untuk memastikan persediaan senjata nuklir nasional akan bekerja dengan baik. Roadrunner mampu mensimulasi cara kerja senjata nuklir dalam ledakan kecil. Selain untuk memecahkan masalah militer, Roadrunner juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan perubahan ikli ... dst.

Isi berita / artikel tersebut secara lengkap dapat anda baca di situs beritanet.com pada alamat :

http://www.beritanet.com/1069/Roadrunner-SuperComputer-3MW








--------------------------------------------------------







Ambil RSS Feed berita kami : http://www.beritanet.com/feed.php
Newsletter ini dapat diposting secara otomatis ke blog anda bila tersedia fasilitas mail-to-blog (contoh: @blogger.com).





Untuk berlangganan newsletter kunjungi www.beritanet.com, Untuk berhenti berlangganan, kirim e-mail ke milis-owner@beritanet.com dengan subject "STOP"

Tidak ada komentar: